(Foto: Kepala SMK Negeri 4 Mataram Iwan Supriady, A. MD., S. Pd)


Mataram - Reportase7.com

Dinas Dikbud NTB menggelar kegiatan Expo Kreatifitas Siswa selama dua hari dari tanggal 14-15 September 2023 bertempat di Halaman Kantor Gubernur NTB.

Expo ini diadakan setiap tahunnya dan diikuti oleh seluruh SMK/SMA, SLB seNTB. Salah satu peserta expo SMKN 4 Mataram.

SMKN 4 Mataram (SMEKA) menampilkan berbagai produk, contohnya dari kompetensi keahlian tata boga. Jurusan ini membuat jenis varian roti.

Kepala SMKN 4 Mataram Iwan Supriady, A. Md., S. Pd, mengatakan dalam expo Dikbud kali ini, SMK 4 Mataram menghadirkan dua kompetensi keahlian yaitu Tata Busana dan Tata Boga.

"Expo kali ini SMK Negeri 4 Mataram coba menampilkan beberapa karya siswa, dengan harapan masyarakat dapat mengetahui siswa SMK mampu berkarya, mampu berwirausaha, dan dengan modal pengetahuan dan keterampilan yang mereka miliki pada masing masing kompetensi keahlian," ungkap Iwan disela Expo, Kamis, (14/9/2023).


Ia juga menjelaskan, tujuan dari expo tersebut adalah untuk meningkatkan kompeensi siswa, utamanya dalam mendukung pengembangan ekonomi kreatif, termasuk pariwisata.

Lanjut Iwan, pada Expo Gemilang di stan dikbud NTB antusias masyarakat untuk menyaksikan karya-karya dan membeli karya-karya siswa sekolah cukup besar.

Harapannya kegiatan serupa bisa dilaksanakan tidak hanya sekali atau 2 kali setahun. Mudah mudahan bisa dilaksanakan 3 atau 4 kali dalam rangka mempromosikan kompetisi siswa kepada industri dan kepada masyarakat yang nantinya dapat meningkatkan animo masyarakat untuk memilih SMK yang saat ini SMK ini masih dianggap sebagai pilihan kedua dibanding masih menjadi pilihan pertama bagi masyarakat sebagai sekolah pilihan anak anaknya.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01