(Foto: warga suku sasak di Desa Jorok, Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa saat menggelar kesenian budaya leluhur yakni Peresean)


Sumbawa - Reportase7.com

Masyarakat suku Sasak yang ada di Kabupaten Sumbawa, tepatnya di Kecamatan Utan menggelar kegiatan Peresean yang merupakan budaya adat Sasak, masyarakat suku Sasak yang ada di Kabupaten Sumbawa sangat menjaga kelestarian budaya Peresean yang diwarisi oleh leluhurnya. (05/10/2023)

Peresean (dalam bahasa adat Sasak) merupakan salah satu kegiatan seni tradisional yang dimiliki oleh suku Sasak, kegiatan ini merupakan kegiatan turun temurun yang diwariskan oleh leluhur terlebih di Kecamatan Utan sering digelar kegiatan tersebut bahkan tiap tahunnya.

Kegiatan tersebut dipandu langsung oleh ketua panitia penyelenggara yakni Deni Sukma dan kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Sekcam Kecamatan Utan.

Kegiatan Peresean tersebut dihadiri oleh beberapa tokoh, mulai dari Musfika Kecamatan Utan, seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Utan, tokoh adat, tokoh masyarakat yang ikut andil dalam pembukaan kegiatan tersebut.


Kegiatan yang diselenggarakan mulai  tanggal 4 s/d 10 oktober bertempat di Lapangan Desa Jorok, Kecamatan Utan tersebut merupakan kegiatan pelestarian adat dan budaya suku sasak, kegiatan tersebut diikuti oleh keluarga besar adat Sasak yang ada di Sumbawa dan diikuti juga oleh peserta dari KSB Kabupaten Sumbawa Barat.

Adapun tujuan diadakan kegiatan tersebut tidak lain untuk melestarikan adat dan budaya suku tersebut dan tidak kalah pentingnya lagi untuk memperkenalkan budaya warisan leluhur kepada generasi Milenial.

Pewarta: Mulyadi
Editor: Red - 01