(Foto: Caleg Milenial PAN Dapil 2 Kabupaten Sumbawa Andry Ade Pratama, S. Pd)

Sumbawa - Reportase7.com

Partai Amanat Nasional (PAN) terus berupaya meningkatkan kepeduliannya terhadap generasi muda atau kaum milenial. Sebab PAN menilai, pemuda memiliki peran yang besar bagi bangsa Indonesia sebagai pusat kemajuan bangsa. (15/11/2023)

Untuk itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Kabupaten Sumbawa Achmad Fachry, SH, mendorong anak muda berani memimpin dan aktif terjun didunia politik, salah satunya Andry Ade Pratama, S. Pd, yang diusung menjadi Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPRD Kabupaten Sumbawa melalui Daerah Pemilihan (Dapil) 2 Kabupaten Sumbawa pada pileg 2024 mendatang.

Andry Ade Pratama S. Pd, merupakan sosok pemuda (milenial) yang sarat pengalaman di pemerintah, dimana ia pernah menjadi Sekretaris Desa (Sekdes) Desa Lunyuk Rea, Kecamatan Lunyuk, Kabupaten Sumbawa. Pengalaman di pemerintah menjadikannya sebagai modal dalam kontestasi politik maju di pileg 2024 mendatang.

Pemuda yang mempunyai visi misi "Muda, Bekerja, Amanah" ini tentu bukan sekedar pelengkap dalam kontestasi pileg 2024. Namun dengan tekat kuat membawa misi kemaslahatan dan tentunya keterwakilan pemuda serta masyarakat Lunyuk khusunya untuk dapat memperjuangkan apa yang telah diamanatkan oleh undang-undang yakni kesejahteraan dan kesetaraan pembangunan.

Mantan Sekdes Desa Lunyuk Rea ini memilih Partai berlambang Matahari (PAN) sebagai kendaraan politiknya untuk maju sebagai caleg di dapil 2 Kabupaten Sumbawa yang meliputi Kecamatan Lunyuk, Lenangguar, Orong Telu, Moyo Hulu, Ropang, Lopok dan Lape dengan nomor urut 7.

Saat ditemui Andry Ade Pratama memaparkan keseriusan dan ikhtiarnya untuk maju di pileg 2024 mendatang, meski banyak caleg lain dari Kecamatan Lunyuk yang juga memiliki tujuan yang sama yakni memperjuangkan hak-hak rakyat. Hal tersebut dijadikannya penyemangat dalam menerapkan persaingan politik sehat dengan cara menjual program-program politik yang dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat.

"Saya akan tetap fokus pada pemenangan di setiap TPS, ini tentu sangat tidak mudah. Namun, dengan kolaborasi tim yang telah kita bentuk insya Allah meraih suara yang signifikan," ungkap Andry pemuda milenial dari Kecamatan Lunyuk ini.

Dalam rangka memberi dukungan dan mengakomodir milenial-milenial, PAN tentu mengakomodir dalam bentuk caleg yang berasal dari pemuda potensial untuk dapat menguasai panggung politik terutama merebut suara para pemula, seperti yang dilakukan oleh Andry Ade Pratama.

Andry pemuda yang tidak mengenal lelah mendatangai masyarakat untuk bersilaturrahmi demi membangun sinergitas diungkapkannya bahwa, hal seperti ini sudah lama dilakukan semenjak ia masih menjabat sebagai Sekdes bahkan PJs Kepala Desa Lunyuk Rea.

"Insya Allah bila diamanahkan oleh rakyat dapat terpilih nanti sebagai anggota DPRD Kabupaten Sumbawa, ada beberapa catatan yang mendasar yang harus segera di selesaikan. Terutama di wilayah Lunyuk yang saat ini kurang mendapat perhatian baik dari segi infrastruktur, pertanian serta pemberdayaan pemuda dan kaum perempuan," terang Andry.

Caleg milenial Andry Ade Pratama, S. Pd, juga mengusung 7 proram prioritas diantaranya;
1. Membangun sinergi dengan pemerintah Desa untuk mewujudkan cita-cita pembangunan Desa.
2. Perbaikan sarana dan prasarana rumah ibadah (Masjid, Musholla, Pura)  dan TPQ yang ada di Desa.
3. Mempermudah kelompok tani dan kelompok nelayan dalam mengakses alat dan mesin pertanian.
4. Pemberdyaan pemuda dibidang kewirausahaan.
5. Program Usaha Mikro Kecil dan Menwngah (UMKM) untuk wirausahan perempuan.
6. Membantu sekolah umum dan pondok pesantren dalam meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan.
7. Mendukung sarana dan prasarana kegiatan seni dan olahrga, serta melestarikan kearifan budaya lokal.

Disisi lain, PAN turut mengakomodir pendidikan sosial politik lewat Barisan Muda Penegak Amanat Nasional (BM PAN) sebagai organisasi otonom yang diharapkan bisa memberikan pendidikan serta pemahaman yang memadai soal sosial politik. Serta, memiliki rasa simpati dengan kepekaan agar membantu masyrakat dengan berbagai persoalan yang ada.

"Tentu PAN tidak hanya jargon untuk membela memperjuangkan milenial, tapi juga aksi nyata," pungkasnya.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01