Air Terjun Gunung Janggot Surga Tersembunyi dan Masih Jarang Dikunjungi Wisatawan

Lombok Tengah - Reportase7.com

Berada di Dusun Pemotoh Timur, Desa Aik Berik, Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Air terjun Gunung Janggot menyimpan pesona yang tak kalah menakjubkan dibandingkan saudaranya Air Terjun Benang Stokel dan Air Terjun Benang Kelambu yang sudah mendunia.

Dikelilingi oleh tebing-tebing batu yang kokoh, aliran air membentuk tirai mempesona di sisi kirinya. Terjunan utama air terjun ini berasal dari aliran sungai kecil dan beberapa mata air yang langsung muncul dari dalam tanah, memberikan pengalaman menyegarkan dengan air yang sangat sejuk. (13/12/2023)

Daerah ini ditutupi oleh hutan lebat yang menaungi air terjun dari puncak bukit. Ketika matahari terbit di pagi hari, kabut tipis yang terbentuk memberikan pemandangan yang memukau. Akses menuju air terjun ini sangat mudah dengan adanya jalan utama yang telah dilapisi aspal.

Namun, sekitar 300 meter jalur menuju dusun masih merupakan tanah yang telah diratakan. Dari dusun Pemotoh Timur, hanya membutuhkan sekitar 3 menit perjalanan melalui jalan hutan yang terawat dengan baik untuk mencapai Air Terjun Gunung Janggot.

Air Terjun tersebut sempat mendapatkan penataan dengan perbaikan akses, pengadaan camping ground, wahana tali untuk kegiatan team building, beberapa unit gazebo, area parkir, toilet, lapak UMKM, dan bahkan sebuah kolam renang.

Sayangnya, kurangnya perawatan menyebabkan sejumlah fasilitas di lokasi ini tidak lagi layak digunakan.

Semoga kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan aset destinasi wisata ini dapat ditingkatkan agar upaya pemerintah untuk membuka peluang usaha bagi masyarakat sekitar tidak sia sia.

Jangan biarkan keindahan tersembunyi ini terabaikan. Air Terjun Gunung Janggot siap menanti kalian yang ingin menikmati keindahan air terjun tanpa perlu terganggu oleh keramaian pengunjung.

Sumber: BPPD NTB
Editor: R7 - 01