Pulau Sejangan, Bak Serpihan Surga Mengapung di Tengah Lautan Sumbawa

Sumbawa - Reportase7.com

Salah satu pulau yang cukup terkenal dan menjadi sebuah kota pelabuhan yang ramai di Bali adalah pulau Serangan yang berada di antara Sanur dan Gianyar.

Ternyata di Pulau Sumbawa, tepatnya di Kabupaten Sumbawa terdapat juga sebuah pulau cantik yang namanya agak mirip, yaitu pulau Sejangan atau yang terkadang disebut Gili Sejangan.

Belum pernah dengar nama pulau cantik ini, kan?

Terletak di Desa Labuhan Kuris Kecamatan Lape, Kabupaten Sumbawa, bak serpihan surga yang mengapung di tengah lautan, pulau Sejangan dengan bukitnya yang berselimut ilalang menjadi tempat peristirahatan bagi para nelayan yang sewaktu waktu ingin bersembunyi dari terik sinar matahari yang tak henti mencium lautan.

Pantainya yang berpasir putih lembut dan warna air yang biru kehijauan menjadi daya tarik utama. Ombaknya yang relatif tenang karena diapit oleh sejumlah gili lainnya seperti Gili Liang dan Ngali membuatnya sebuah tempat sempurna untuk menghabiskan hari dengan berenang dan snorkeling.

Meskipun belum banyak mendapatkan sentuhan pengembangan, di lokasi telah tersedia sejumlah berugak (gazebo) sebagai tempat untuk berteduh dan beristirahat. Terdapat juga beberapa tempat penampungan sampah semi permanen untuk menghindari pengunjung membuang sampah sembarangan.

Pulau Sejangan bisa diakses melalui Labuhan Terata yang berjarak hanya sekitar 13 km dari Kota Lape atau sekitar 43 km dari pusat Kota Sumbawa. Meskipun belum ada sarana transportasi atau penyeberangan khusus, pengunjung bisa menggunakan jasa nelayan setempat dengan tarif yang sangat terjangkau.

Perjalanan menggunakan perahu motor dari Labuhan Terata menuju Pulau Sejangan hanya memerlukan waktu sekitar 20-30 menit saja. Di sepanjang perjalanan kalian akan dimanjakan oleh keindahan pemandangan dari gili gili cantik yang memagari Teluk Saleh.

Begitu tiba di Sejangan, bersiaplah untuk  terpukau dengan keindahan gradasi warna air laut yang berwarna biru, toska, azul, yang kemudian berubah menjadi bening begitu menyentuh hamparan pasir putih yang membentengi Pulau Sejangan.

Jika kalian beruntung datang pada saat air surut, Pulau Sejangan akan menyingkap keindahan lainnya berupa sandbar yang cukup luas untuk kalian bermain dan berlarian di atas hamparan pasir putih yang sangat indah. Pastikan untuk tidak menginjak bintang laut.

Nah, bagi kalian yang pernah bermimpi terdampar di sebuah pulau yang indah seperti di dalam film The Beach yang dibintangi oleh Leonardo Dicaprio, Pulau Sejangan siap membuat mimpi itu menjadi NYATA. So, be there!

Sumber: BPPD NTB