Tinjau Lokasi Hanpang, Masyakat Talonang Bau: Terima Kasih Dandim 1628/SB

Sumbawa Barat - Reportase7.com

Dandim 1628/SB Letkol Inf Octavian Englana Partadimaja bersama Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa Barat meninjau program unggulan ketahanan pangan (Hanpang) yamg dimotori oleh Kodim 1628/SB di Desa Telonang Kecamatan Baru, Kecamatan Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat, Rabu (20/12/2023).

Dandim 1628/SB tiba di lokasi hanpang disambut antusias warga Talonang Baru, dimana masyarakat Talonang Baru pada tahun sebelumnya telah merasakan manfaat dari program tersebut dengan bebera program unggulan yang di twrapkan oada petani yang ada di Desa Talonang Baru.

Dandim 1628/SB Letkol Inf Octavian Englana Partadimaja mengatakan, dalam rangka mendukung ketahanan pangan Nasional, Kodim 1628/SB bersinergi dengan pemerintah daerah Kabupaten Sumbawa Barat, KPH Sejorong Matayang dan Kelompok Tani Sampar Baru Talonang merubah lahan tidur seluas 100 hektar menjadi lahan produktif dengan di tanami tanaman pangan dengan diintegrasikan dengan tanaman keras dan tanaman semusim.

"Program ini sudah berjalan selama tiga tahun dan hasilnya sudah dirasakan oleh masyarakat," ujar Dandim.

Englana sapaan akrab Dandim 1628/SB juga menyampaikan bahwa, Food Estate program unggulan ketahanan pangan Kodim 1628/SB di Desa Telonan Baru ini pernah dikunjungi Bapak Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M. Sc, saat masih menjabat sebagai Pangdam IX/Udayana.

"Kedatangan saya beserta rombongan
Real Estate program unggulan ketahanan pangan Kodim 1628/Sumbawa Barat ini ingin memastikan program unggulan ketahanan pangan Kodim 1628/SB ini berjalan sesuai rencana serta memberikan bantuan berupa bibit pohon keras dan pupuk kepada kelompok tani," tukas Dandim.

Sementara ketua Kelompok Tani Sampar Baru Syaifullah bersama Kepala Desa Talonang Barus Budi Haryo, SP, memberikan apresiasi kepada Dandin 1628/SB dan Kadistan Sumbawa Barat atas program yng sangat bermanfaat untuk masyarakat Talonang Baru, dimana program tersebut merupakan program unggulan yang membawa dampak signifikan dan ekonomis yang dirasakan langsung oleh masyarakat khususnya masyarkat Talonang Baru.

"Saya sangat berterima kasih kepada Dandim 1628/SB, dengan adanya program unggulan ini tentunya berdamlak langsung pada masyarakat akan asa manfaat serta kesejahteraan masyarakat secara langsung," ujar Epos sapaan akrab ketua Kelompok Tani Sampar Baru.


Lanjut Epos, bukan saja program unggulan yang di bawa oleh Dandim 1628/WB namun bantuan alat-alat pertanian juga disediakan, maka dari itu pemerintah Desa Talonang Baru sangat bersyukur dengan adanya sejumlah bantuan untuk para petani di Desa Talonang Baru.

Dandim juga memberikan bantuan berupa bibit cabe kepada masyarakat atau Kelompok Tani Sampar Baru, yang langsung di serah oleh Dandim 1626/SB bersama Kadistan Sumbawa Barat.

"Terima kasih kepada Dandim 1628/WB dan Kafistan Sumbawa Barat yang telah menyempatkan waktu dan tenaga untuk mengunjungi serta memberikan sejumlah bantuan pertanian kepada kami masyarakat Desa Talonang Baru, semoga dengan adanya bantuan ini kami dapat meningkatkan hasil pertanian dan bermanfaat untuk semua masyarakat Desa Talonang Baru," tandasnya.
 
Pewarta: Red
Editor: R7 - 01