Wujudkan Kesetaraan Gender dan Kesetaraan Perempuan, Pemda Sumbawa Terima Penghargaan APE Tingkat Pratama Tahun 2023
(Foto: Wakil Bupati Sumbawa Hj.  Dewi Noviany, S. Pd., M. Pd, mewakili Kabupaten Sumbawa saat menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tingkat Pratama Tahun 2023 di Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia)

Jakarta - Reportase7.com

Wakil Bupati Sumbawa menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tingkat Pratama Tahun 2023 di Kantor Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, Jakarta pada Jum’at, (22/12/2023) yang sebelumnya telah diumumkan pada hari Selasa, (19/12/2023) secara daring melalui zoom meeting.

Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi Noviany, S. Pd., M. Pd, meyampaikan Hari ini bertepatan dengan Hari Ibu Tahun 2023, Saya mewakili Kabupaten Sumbawa menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tingkat Pratama Tahun 2023 di Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

"Sebelumnya, penghargaan ini telah diumumkan pada Hari Selasa tanggal 19 Desember 2023 melalui zoom meeting bersama Menteri PPPA RI," ujar Wabup Sumbawa Hj. Novi.

Anugerahan Parahita Ekapraya merupakan penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia kepada Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dalam mewujudkan kesetaraan Gender dan pemberdayaan Perempuan di Daerah dan telah dilakukan sejak tahun 2004.


Dikatakan Wabup Sumbawa bahwa, penghargaan APE ini merupakan yang pertama kali diraih Kabupaten Sumbawa. Piala dan piagam penghargaan APE Pratama ini, diserahkan langsung oleh Sutikno, S. AP, Analis Anggaran Ahli Muda pada Deputi Bidang Kesetaraan Gender kepada Wakil Bupati Sumbawa yang didampingi oleh Kepala Bidang PPM Bappeda Kabupaten Sumbawa Yuni Ilmi Kirniati S. Stp., M. Si., dan bersama perwakilan Kabupaten/Kota lain yang juga menerima penghargaan APE ini.

Anugerahan Parahita Ekapraya 2023 didasarkan atas hasil Evaluasi Penyelenggaraan PUG Tahun 2021 dan 2022. Pada tahun 2023, terdapat 360 Instansi (16 Kementerian/Lembaga, 28 Provinsi dan 316 Kab/Kota) yang telah melaporkan hasil Evaluasi Penyelenggaraan PUG melalui Evaluasi Mandiri.

"Namun, hanya terdapat 12 Kementerian/Lembaga, 25 Provinsi dan 237 Kabupaten/Kota yang akan menerima Anugerahan Parahita Ekapraya Tahun 2023 ini," tukasnya.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01