Cegah Deteksi Dini Kanker Leher Rahim dan Kanker Payudara,  Puskesmas Unit I Labuhan Sumbawa Gelar Pemeriksaan Gratis
(Foto: Staf Ahli Bupati Bidang Sumber Daya Manusia dan Kemasyarakatan Drs. Abdul Aziz, M. Si, saat menyampaikan amanat Bupati Sumbawa di Puskesmas Unit 1 Labuahan Sumbawa)

Sumbawa - Reportase7.com

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun kabupaten Sumbawa yang ke - 65 Puskesmas unit 1 Labuhan Sumbawa melakukan pemeriksaan secara gratis kepada masyarkat untuk kanker leher rahim dan kanker payudara dan sunatan massal.

Acara tersebut dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Bidang Sumber Daya Manusia dan Kemasyarakatan Drs. Abdul Aziz, M. Si, OPD terkait, Camat Labuhan Badas, Kepala Desa, Dokter, perawat dan masyarakat. Acara tersebut diselenggarakan di halaman Puskesmas unit 1 Labuan Sumbawa, Kamis (18/01/2024).

Pada sambutan tertulisnya Bupati Sumbawa yang dibacakan oleh Staf Ahli Bupati bidang SDM dan kemasyarakatan bahwa, kanker merupakan salah satu musuh terbesar kesehatan masyarakat dan deteksi dini adalah kunci utama untuk memastikan penanganan yang efektif.

Oleh karena itu kegiatan deteksi dini kasus kanker leher rahim dan kanker payudara serta pelayanan KB gratis yang dilaksanakan hari ini adalah langkah konkret untuk memastikan kesehatan dan kesejahteraan ibu-ibu, istri, saudara perempuan, dan keluarga secara umum.

Staf Ahli menerangkan, melalui deteksi dini ini kita berkomitmen untuk memberikan layanan kesehatan yang lebih baik dan lebih terjangkau bagi seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa.

"Kita ingin memastikan bahwa setiap wanita memiliki akses mudah dan cepat untuk mendeteksi dan mengatasi masalah kesehatan ini sejak dini," ujar Staf Ahli.


Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung upaya tersebut dengan mengedepankan pola hidup sehat, rajin melakukan pemeriksaan kesehatan, dan mengajak keluarga serta teman-teman untuk ikut serta.

"Selain itu, pelayanan KB gratis yang kita berikan hari ini adalah bentuk nyata perhatian kita terhadap upaya pengendalian pertumbuhan penduduk yang sehat dan terencana kesejahteraan keluarga kita sangat tergantung pada kemampuan kita untuk merencanakan dan mengelola kehidupan berkeluarga," bebernya.

Staf Ahli mengajak seluruh elemen masyarakat, instansi pemerintah dan sektor swasta untuk bersatu dalam upaya mewujudkan Kabupaten Sumbawa yang lebih sehat dan cerdas.

"Mari kita jadikan peringatan Hut ke-65 ini sebagai momentum untuk terus bersama-sama membangun dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Kabupaten Sumbawa," pungkasnya.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01