Deklarasi Gus Kampung Untuk Ganjar-Mahfud, H. Asgar Nawawi Mencontohkan Perjuanagn Pemuda di Zaman Nabi

Lombok Barat - Reportase7.com

Pemuda memiliki peran penting dalam sejarah perkembangan dan perubahan peradaban dunia dari masa nabi ibrahim dalam melawan kesyirikan dan kebodohan, begitu juga musa, ishak, isa hingga nabi Muhammad SAW.

Penghargaan juga diberikan oleh Allah kepada para aktifis pemuda yang dikenal dengan ashabul kahfi dalam alquran, yaitu “Kami kisahkan kepadamu (Muhammad) cerita ini dengan benar. Sesungguhnya mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka, dan Kami tambah pula untuk mereka petunjuk.” (QS. Al-Kahfi [18]: 13)

Aku pesankan agar kalian berbuat baik kepada para pemuda. Sebab, sebenarnya hati mereka itu lembut. Allah telah mengutusku dengan agama yang lurus dan penuh toleransi. Lalu, para pemuda bergabung memberikan dukungan kepadaku. Sementara, orang-orang tua menentangku, demikian pesan Nabi Muhammad SAW.

Ketua rekawan Ganjar-Mahfud, H. Asgar Nawawi mendeklarasikan "Gus Kampung Untuk Ganjar-Mahfud" di Padepokan Bismillah Desa Perampuan, Kecamatan Labu Api,  Kabupaten Lombok Barat yang dihadiri puluhan relawan, Rabu (24/01/2024).

Disampaikan H. Asgar Nawawi, Gus Kampung merupakan salah satu dari sekian banyak relawan yang dibentuk untuk memenangkan pasangan calon presiden nomor urut 3 yakni Ganjar Pranowo dan Mahfud, MD.

"Kedepannya Gus Kampung NTB akan bekerjasama dengan para pemgusaha dalam mewujudkan ekonomi kerakyatan," ujar H. Asgar.

Beri aku sepuluh pemuda, niscaya akan ku guncangkan dunia, merupakan ungkapan Bung Karno yang memiliki pesan bahwa pemuda selain memiliki kecakapan juga dipercaya dapat memegang teguh serta mempertahankan dan memperjuangkan kebenaran yang diyakininya selain juga pemuda adalah masa depan sebuah bangsa.

Disampaikn H. Asgar Nawawi bahwa, kemerdekaan Indonesia tidak lepas dari perjuangan pemuda yang panjang, disertai pengorbanan harta benda hingga nyawa dan kemudian pada tahun 1928 terkristalisasi  dengan lahirnya Sumpah Pemuda yang penuh semangat juang dan tekad yang kuat berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Sampai hari ini pemuda terus melakukan perjuangan dengan cara ikut serta berperan aktif di semua bidang dalam memajukan pembangunan bangsa Indonesia, termasuk pemuda islam yang belakangan juga dikenal dengan sebutan gus, cah bagus, tubagus dan masih banyak sebutan yang lainnya," bebernya.

Melihat peran pemuda yang memang sangat luar biasa dalam pembangunan dan kemajuan disegala bidang yang sesuai dengan jamannya, maka dibentuklah sebuah organisasi dengan nama Gus Kampung yaitu organisasi yang menghimpun para pemuda dan para santri juga santriwati untuk berkreasi dan berinovasi dengan sebutan Gus.

Gus yang dimaksud adalah para aktifis kebaikan, para pejuang, bocah bagus, den bagus, tubagus dan sebutan yang lainnya.

"Mereka bisa Putra-putri Imam Musholla atau Surau, Putra-putri Guru TPQ, putra-putri Madin yang tersebar di kampung-kampung seluruh Indonesia," jelasnya.

"Gus Kampung akan menjadi  wadah silaturrohim, wadah komunikasi, wadah diskusi dan perjuangan, yang memiliki tujuan ikut serta terlibat dalam pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan senantiasa berharap mendapatkan Ridla dari Allah SWT," pungkasnya.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01