Keindahan Pantai Jelenga Diakui Wisatawan, Kadis Pariwisata Sumbawa Barat Sebut Sedang Berusaha Mendapatkan Investor
(Foto: Kepala Dinas Pariwisata Sumbawa Barat Burhanuddin bersama istri)

Sumbawa Barat - Reportase7.com

Pantai Jelengah merupakan pantai yang sangat atraktif bagi wisatawan khususnya peselancar ombak (surfing) yang terketak di dusun Jelenga, Desa Beru, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat. (08/03/2024)

Banyak media mainstrem atau elektronik memberitakan keunikan pantai Jelenga, bahkan beberapa pelaku pariwisata sangat memuji keindahan pasir putih dan ombak pantai tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sumbawa Barat Hurhanuddin menyampaikan bahwa, dari Persatuan Peselancar Ombak Indonesia (PSOI) telah mengundang khusus Bupati dan Kadis Pariwisata Sumbawa Barat pada tahun lalu ke Jakarta untuk bersama-sama memperkenalkan tantangan keindahan ombak pantai Jelenga, termasuk promosinya.

"Kami telah membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Jelengah yang merupakan kelompok masyarakat pemerhati pariwisata," ujar Kadis Pariwisata KSB.

Disampaikan Burhanuddin, untuk mendukung minat peselancar yang membanjiri Jelenga, pemerintah melalui dinas terkait sedang berusaha mendapatkan investor yang dapat membangun pasilitas akomodasi dan amenitas agar dapat memberikan kenyamanan para wisatawan.

"Pemda belum dapat mengembangkan secara langsung pantai Jelenga, karena belum memiliki lahan milik sendiri termasuk membangun fasilitas dan amenitas," terangnya.

Sesuai ketentuan, pembangunan fasilitas pemerintah clear pada lahan milik pemerintah.

"Maka dari itu, tahun depan kami berkeinginan memiliki lahan seperti di Mantar, di Danau Lebo dan di Pantai Balat agar pemerintah dapat membangun fasilitas penunjang dilokasi wisata," bebernya.

Beberapa hari yang lalau Kadis Pariwisata Sumbawa Barat sedang mengikuti rapat teknis Perencanaan Pembangunan Destinasi Pariwisata Wilayah II di Makassar. Hat tersebut untuk segera mempercepat penataan destinasi wisata yang saat ini belum dikembangkan secara maksimal.

"Sasaran kami agar tahun 2025 dapat memperoleh Dana Alokasi Khusus Fisik dan Non Fisik Pariwisata," terangnya.

"Mohon doa kepada madyarakat untuk perjuangan ini," sambungnya.

Ia juga menyinggung kebersihan sepanjang pantai di Jelenga yang nyaris tidak pernah di perhatikan. Kepala Finas Pariwisata Sumbawa Barat mengatakan bahwa, untuk yang berskala Desa adalah kewenang Desa dan Kecamatan, dan jika berskala Kabupaten adalah kewenangan Dinas Lingkungan hidup melalui bidang persampahan.

"Kami tetap mendukungnya jika harus membantu," tandasnya.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01