Daeng Mas Madinah Resmi Dilantik Sebagai Datu Rajamuda Sumbawa

Sumbawa - Reportase7.com

Pelantikan Daeng Mas Madinah sebagai Datu Rajamuda Kesultanan Sumbawa Tahun 2024 berjalan lancar dan khidmat. Pelantikan Datu Rajamuda berlangsung Istana Dalam Loka, Sumbawa, Pada Rabu, (29/05/2024).

Pelantikan tersebut juga dihadiri oleh Bupati Dan Wakil Sumbawa, Bupati Sumbawa Barat, Bupati Bima, Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat, Asisten Administrasi Umum Pemprov NTB, Forkopimda Kabupaten Sumbawa Dan Sumbawa Barat, Serta Ketua Umum Forum Silahtuhrahmi Keraton Nusantara dan Sultan-Sultan dari Sejumlah Kesultanan di Indonesia.

Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah, menyampaikan Pengangkatan Datu Rajamuda Kesultanan Sumbawa ini menjadi momen sangat penting untuk Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat karena terakhir kegiatan ini dilakukan kurang lebih 90 Tahun yang lalu.

"Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat berdampingan akan selalu menjaga Adat Istiadat Tana Samawa," terangnya.

Senada dengan apa yang disampaikan Bupati Sumbawa, Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W. Musyafirin., MM., menyampaikan pengukuhan ini penting untuk menjaga marwah tana Samawa.

"Dengan Pelantikan Datu Rajamuda sangatlah penting untuk menjaga Adat Tana Samawa," ujarnya.


Asisten Administrasi Umum Pemprov NTB, H. Wirawan Ahmad S.Si., M.T., menyampaikan penobatan Datu Rajamuda ini merupakan sebuah bukti Sejarah masa lalu Tana Samawa.

"Lembaga Kesultanan Sumbawa masih kokoh dan di terima oleh Masyarakat," ujar Wirawan.

Akan tetapi, Posisi Kesultanan yang dulu sebagai sentrum Kekuasan beralih menjadi sentrum kebudayaan.

Hal ini bukanlah perkara yang mudah, Budaya menjiwai semuanya, menjiwai aktifitas politik, ekonomi, dan seterusnya.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01