Dijadikan Sebagai Pilot Projek, Desa Pukat Akan Melauching Postu Prima

Sumbawa - Reportase7.com

Pendekatan pelayanan kesehatan untuk Masyarakat terus ditingkatkan  pemerintah Desa Pukat, Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa. Pemdes Pukat berencana akan melaunching Pos pelayanan kesehatan terpadu secara prima (Postu Prima) sebagai sarana pendekatan layanan kesehatan terhadap masyarakat.

Kepala Desa Pukat, Zakaria, A. Md ditemui media Repoetase7 diruangannya menjelaskan bahwa, Postu yang ada di Desa Pukat dinilai memenuhi persyaratan dalam rangka layanan kesehatan bagi masyarakat luas. (13/06/2024)

Mengingat jarak tempuh dari Desa Pukat menuju PKM Puskesmas Utan cukup jauh, sehingga Postu yang ada akan di maksimalkan dalam melayani kebutuhan masyarakat. Karena Desa Pukat telah menyediakan Mobil Ambulance Desa.

"Insya Allah dalam waktu dekat
Pemerintah Desa akan melaunching Postu Prima yang terkonektifitas dengan program Integrasi layanan Prima (ILP)," ujar Kades Pukat.

Disampaikan Kades, Desa Pukat dipilih menjadi Pilot Projek oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa, mengingat Desa Pukat memiliki sedikit kelebihan tentang sarana dan prasarana yang dapat melayani masyarakat secara langsung dan tidak harus ke Puskesmas.

"Jika postu tidak dapat mengkafer maka dapat di rujuk ke Puskesmas atau ke Rumah Sakit di Sumbawa melalui Ambulance Desa, dan ini adalah bentuk pelayanan kesehatan di Desa," terangnya.

Kaitan dengan launching Postu Prima, dirinya masih melakukan komunikasi intens dengan Dinas terkait sambil mempersiapkan segala persyaratan termasuk pembekalan para kader Posyandu untuk memenuhi syarat sebagai Postu Prima. Sebab dari dinas itu sendiri akan memberikan fasilitas yang memoliki standar untuk pelayanan kesehatan.

"Insya Allah di acara Launching nanti akan di hadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa, Unsur Forkopimcam termasuk para Kepala Desa, BPD  dan para kader Posyandu," imbuhnya.

Desa Pukat merupakan salah satu Desa yang pertama mewakili Kecamatan Utan dalam program Integrasi layanan prima untuk tahun 2024 sebagai Pilot Project.

"Dengan program ini penanganan stunting bisa terkafer dengan baik melalui kader Posyandu yang sudah dibentuk di Desa dan dibantu oleh tim Nakes yang standbay di Desa.

Pewarta: HR/Mulyadi
Editor: R7 - 01