Pemerintah Desa Bajo Tingkatkan Program Pemberdayaan Masyarakat
(Foto: Kepala Desa Bajo Ramli Ahmad)

Sumbawa - Reportase7.com
.
Program pemberdayaan masyarakat di Desa Bajo, Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa terus di tingkatkan melalui program yang telah disepakati bersama.

Kepala Desa Bajo Ramli Ahmad saat ditemui mengatakan bahwa, Pemerintah Desa Bajo terus berupaya membangun Desa sebagai langkah dalam memajukan dan mensejahterakan masyarakat di wilayahnya. (24/06/2024)

Program-program pemberdayaan seperti program di bidang kesehatan dan pendidikan terus ditingkatkan. Meskipun masih mengalami bebarapa kekurangan seperti ambulan Desa yang belum tersedia.

"Apa yang masih menjadi kekurangan terus kami upayakan untuk dapat memaksimalkan pelayanan untuk masyarakat," ujar Kades Bajo.

"Jika ada salah satu warga yang sakit ataupun yang melahirkan, Pemerintah Desa selalu hadir dengan cara menyediakan mobil angkutan umum sebagai sarana transportasi yang di biayai oleh Pemerintah Desa," lanjut Kades.

Dijelaskan Kades Bajo, jarak tempuh dari Desa Bajo menuju Kota Sumbawa cukup jauh. Untuk biaya-biaya tersebut telah menjadi kesepakatan bersama di tingkat Desa.

Ia juga menjelaskan bahwa, jumlah anggaran yang dikeluarkan oleh Desa untuk orang sakit dan orang melahirkan berdasarkan jarak tempuh seperti dari Desa Bajo menuju Puskesmas Utan satu kali jalan sebesar Rp.150.000 sementara ke RSUD Sumbawa Rp.350.000 dua-duanya plus antar jemput dan itulah nilai lebihnya.

Program tersebut sudah 3 tahun berjalan sejak dirinya menjadi Kepala Desa. Program yang sudah dianggarkan sangat efektif membantu masyarajat.

Sementara program pendidikan masih kata Ramli Ahmad, Pemerintah Desa Bajo juga telah menganggarkan dana bagi anak-anak sekolah termasuk penyediaan alat transportasi angkutan umum baik SMP maupun SMA dan SMK berdasarkan jarak tempuh. Ada yang sekolah di Kecamatan Utan, adapula yang sekolah di Kecamatan Buer dan Kecamatan Alas.

Penyedian alat Transportasi bagi anak-anak sekolah terus dilaksanakan agar tidak lagi terlambat masuk sekolah.

"Pemerintah Desa telah menyediakan 3 unit mobil milik warga Desa Bajo yang setiap hari melayani anak-anak sekolah maupun warga yang sakit," tukasnya.

Pewarta: HR
Editor: R7 - 01