SMP Negeri 1 Alas Gelar Pelepasan Siswa Kelas IX

Sumbawa - Reportase7.com

SMP Negeri 1 Alas menggelar kegiatan pelepasan Siswa Kelas IX di halaman Sekolah yang di hadiri komite dan pengawas pembina SMP Negeri 1 Alas Sabtu (08/06/2024).

Kepala SMP Negeri 1 Alas Andi Suwardi, S. Ag, menyampaikan bahwa, kegiatan ini sebagai langkah dan dorongan kepada siswa maupun orang tua siswa yang sekaligus mempromosikan hasil karya anak-anak dalam Program projek P5  (kurikulum Merdeka) tahun pelajaran 2023-2024, sehingga diharapkan ilmu yang telah diperoleh dapat dikembangkan ke jenjang yang lebih tinggi.

"Prestasi-prestasi yang sudah diraih di SMP bisa dikembangkan lagi di bangku SMA hingga ketingkat keperguruan tinggi serta tetap menjaga nama baik sekolah," ujar Kasek SMPN 1 Alas.

Pelepasan kali ini dihadiri oleh Camat Alas, Kapolsek dan Koramil 1607-04/Alas, disamping orang tua siswa. Kegiatan perpisahan yang berlangsung sederhana di hibur oleh beberapa kesenian daerah seperti tarian dan sakeco yang di peragakan oleh siswa-siswi SMPN 1 Alas.

"Untuk tahun ini ada 182 siswa yang lulus," terangnya.

Andi juga mengajak kepada seluruh orang tua siswa untuk memberikan support dan dukungan kepada anak-anaknya jangan sampai anak- anak kita putus sekolah mari kita dukung untuk tetap melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Di lokasi yang sama Ketua Komite SMPN 1 Alas Junaedi Agang mengatakan bahwa, kegiatan ini berdasarkan hasil koordinasi pihak sekolah dengan pengurus komite serta merujuk surat edaran dari kepala Dinas Dikbud Kabupaten Sumbawa bahwa, tidak dibenarkan ada pungutan dalam bentuk apapun kepada siswa maupun orang tua siswa.


"Alhamdulillah kegiatan pelepasan hari ini cukup sukses berkat dukungan dari semua pihak yang telah mensuport seperti kantin sekolah, Bank BSK Alas dan para guru, hingga kegiatan ini terlaksana dengan baik. Kami dari komite dan pihak sekolah cukup berbangga hati melihat anak-anak berpenampilan susuai pakaian yang pakai dari masing- masing siswa tampa ada interpensi dari pihak sekolah bahkan semua siswa tersebut secara keseluruhan di dampingi oleh orang tuanya," ungkap ketua Komite.

Untuk tahun akan datang kata Junaedi Agang kegiatan serupa tetap dilaksanakan tergantung animo siswa itu sendiri, dan ke depan mudah-mudahan apa yang dibangun oleh Kepala sekolah berupa komitmen serta hubungan baik dengan semua pihak itu yang terpenting dalam arti membangun dan membangkitkan semangat kegotong royongan.

Sementara, H. Agusman, S. Pd, selaku pengawas pembina sekolah SMPN 1 Alas menambahkan, antusias dari orang tua siswa merupakan bagian dari suksesnya kegiatan perpisahan kelas IX SMPN 1 Alas. Dimana selaku orang tua sangat bangga melihat putra putrinya telah berhasil lulus dari studi yang mereka tempuh selama 3 tahun.

"Anak-anak yang melaksanakan perpisahan hari ini juga sangat senang, karena akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Pendidikan merupakan potret masa depan yang akan membawa mereka ke tangga kesuksesan," tandasnya.

Pewarta: HR
Editor: R7 - 01