Bangun Kemitraan Dengan PT SMM, Pemdes Sowe Brang Gelar Pelatihan Pembuatan Kain Batik

Sumbawa - Reportase7.com

Pemerintah Desa Stowe Brang, Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD)  membangun kemitraan dengan  PT. SMM Jakarta, dalam rangka membentuk masyarakat yang terampil dan mandiri sebagai penunjang ekononi berbasis usaha Mikro yang bersipat perorangan maupun kelompok dengan cara mengadakan pelatihan kompeksi, membuat batik tulis pewarna alami yang dipandu langsung oleh tim ahli dari PT. Solusi Masyarakat Mandiri (SMM).

Kegiatan tersebut di pusatkan di Aula Sekretariat BPD Desa Stober Utan, selama 7 hari dengan peserta didik sebanyak 10 orang terdiri dari kaum gender. (07/07/2024)

Kepala Desa Stowe Brang Utan, Zulkarnaen, DA, S. IP,  menjelaskan bahwa, PT. Solusi Masyarakat Mandiri adalah salah satu perusahaan tambak Udang yang berlokasi di Dusun Panyengar Desa Stowe Brang, Kecamatan Utan, memberikan solusi dan peluang kerja kepada masyarakat secara mandiri. Sehingga masyarakat di wilayah Desa Stowe Brang memiliki karya nyata dan pengetahuan tentang tekhnik serta tata cara membuat batik tulis dengan menggunakan bahan pewarna alami.

"PT. SMM telah melakukan MoU bersama Pemdes Desa Stowe Brang dalam rangka pembinaan dan pemberdayaan masyarakat lokal," ujar Kades Stowe Brang.

Kades menambahkan bahwa, kegiatan pelatihan pembuatan batik tulis sangat membawa nilai positif bagi masyarakat Desa Stowe Brang. Sehingga di harapkan dapat berlanjut, mengingat hasil dari kegiatan tetsebut cukup bernilai ekonomis bagi masyarakat setempat.

"Bahan dasar dari olahan pewarna batik tulis banyak terdapat di sekeliling kita. Seperti kulit pohon asam, manghruf dan kulit pohon ketepang. Ini sangat baik untuk di kembangkan untuk masa akan datang dalam menunjang ekonomi masyarakat dan ini yang pertama di Kecamatan Utan," beber Kades.


Di tempat yang sama, Abu Amin ketua BPD Stowe Brang mengucapkan ucapan terimakasih kepada Ceo PT. SMM Yar Rachman yang telah memberikan kesempatan kepada masyarakat Desa Stober, dalam hal pelatihan membuat batik khas kearipan lokal dengan memanfaatkan bahan pewarna alami.

kegiatan ini kata Abu Amin, sebagai pilot project pengembangan batik lokal yang digelar oleh PT. Solusi Masyarakat Mandiri dengan mencanting atau membentuk motip kain batik khas Desa Stowe berang yang diambil dari bentuk buah dan bunga. Buah-buahan seperti Srikaya dan rarak yang disingkat dengan nama kain batik Sri rarak batik Stober Utan.

"Batik ini memiliki nilai ekonomi sebab bahan pewarnanya menggunakan bahan dasar dari pohon-pohonan yg ada di sekitar kita. Ini cukup baik dalam rangka menunjang ekonomi dan membentuk masyarakat secara mandiri," tukasnya.

Pewarta: HR/Mulyadi
Editor: R7 - 01