Kerjasama Dengan Mapolsek Alas, SMKN 1 Alas Gelar Orientasi MPLS

Sumbawa - Reportase7.com

Hari pertama masuk sekolah SMK Negeri 1 Alas, Kabupaten Sumbawa menggelar orientasi MPLS bagi siswa baru dengan mengundang Nara sumber dari jajaran Mapolsek Alas sebagai pemateri.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Sekolah, Senin (15/07/24) dihadiri oleh seluruh dewan guru dari masing- masing jurusan.

Kepala Sekolah setempat, Budi Susilo, S. Pd., MM. Inov, menjelaskan bahwa, kegiatan MPLS setiap tahun dilaksanakan setelah proses kegiatan penerimaan peserta didik baru (PPDB)

Tahun ajaran 2024-2025 orientasi kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untuk siswa baru di gelar selama 3 hari dengan mengandengkan nara sumber dari jajaran anggota Mapolsek Alas disamping para guru-guru.

Kehadiran jajaran kepolisian Mapolsek Alas, tidak lain sebagai dorongan kepada anak-anak disamping memberikan materi dan arahan kepada Siswa baru tentang budaya tertip lalu lintas, budaya  Harkamtibmas di dalam maupun di luar lingkungan sekolah serta menjauhkan diri terhadap bahayanya Narkoba dan bahayaNya kenakalan remaja.

Di samping itu, Kepala Sekolah menambahkan selama 3 hari kegiatan MPLS akan ada beberapa kegiatan lainya seperti kegiatan kedisiplinan siswa  baris-berbaris di samping kegiatan pengenalan jurusan-jurusan di sekolah termasuk kegiatan sosialisasi anti bullying, anti perundungan serta pengenalan minat dan bakat siswa.

"Kegiatan MPLS ini anak-anak dapat cepat beradaptasi terhadap lingkungan sekolah, karena proses kegiatan belajar mengajar segera dilakukan," ucap Budi Susilo.


Untuk siswa baru tahun ini kepala sekolah menyebutkan, Alhamdulillah tahun ini ada 270 Siswa meningkat dari tahun lalu sebanyak 228 siswa. Saat ini sekolah membuka 10 rombel berbasis kemaritiman Agribisnis, Agri teknologi dan teknologi informasi komunikasi.

"Dengan adanya jurusan baru di sekolah SMK Negeri 1 Alas seperti teknik komputer jaringan cukup meningkat di samping jurusan yang lama seperti Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI), Teknika Kapal Penangkap Ikan (TKPI), Agribisnis Perikanan Air Payau dan Laut (APPL) termasuk Perikanan Air Tawar, Agribis Pengolahan Hasil Perikanan (APHP), Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Teknikal Kapal Niaga (TKN), Nautika Kapal Niaga (NKN) semua jurusan tersebut terisi," ungkapnya.

Mudah-mudahan ilmu yang telah diberikan kepada siswa- siswi dapat dipahami secara jelas dengan harapan bahwa kerjasama itu penting.

"kedepan sekolah bersama pihak kepolisian akan menggelar kegiatan razia knalpot brong di lingkungan sekolah sehingga anak-anak bisa taat berlalu lintas dan menjadi siswa yang teladan," tandasnya.

Pewarta: HR
Editor: R7 - 01