SMPN 5 Alas Terapkan Program Sistim Si Gutek

Sumbawa - Reportase7.com

Memasuki tahun ajaran baru 2024-2025 pasca libur panjang, pihak sekolah terus melakukan pembenahan dan persiapan kegiatan proses belajar mengajar dengan sistim Aplikasi Online berbasis data "Si Gutek" di setiap sekokah untuk dapat memudahkan tugas guru, kepala sekolah dan tenaga kependidikan.

Sistim Informasi Guru dan Tenaga Kependidikan (Si Gutek) berlaku secara Nasional dan disambut baik dikalangan sekolah.

Kepala Sekolah SMP Negeri 5 Alas, Kabupaten Sumbawa, H. Puji Yagus Purnomo, S. Pd., M. Pd, mengatakan bahwa, sistim Si Gutek dinilai cukup bagus dalam membantu data pokok pendidikan (Dapodik) di sekolah. (16/07/2024)

Sementara proses belajar mengajar di lingkungan sekolah SMP Negeri 5 Alas Desa pulau Bungin sudah dimulai sejak tanggal 8 juli 2024 lalu, sementara untuk SMA/SMK di mulai senin kemarin tanggal 15 juli 2024.

"Tahun ini jumlah siswa yang terdaftar di SMPN 5 Alas hasil PPDB sebanyak 48 orang, biasanya 60 orang mengingat 12 orang tersebut memilih bersekolah di pondok dan di Madrasyah," ujar Kepala SMPN 5 Alas.

"Biasanya setiap tahun hanya ada 4 sampai 5 orang saja yang bersekolah di luar selebihnya bersekolah di SMPN 5 Alas," sambungnya.

Disampaikan Kepala SMPN 5 Alas, tahun ini ada belasan orang memilih bersekolah di pondok. Sebab minat bersekolah agama di pondok sangat meningkat khususnya anak-anak lulusan SDN Desa Pulau Bungin mengingat SMP 5 Alas berada di wilayah Desa Pulau bungin.


"Jadi dengan tingginya minat ana-anak sekolah agama, kita di sekolah harus barengi hal itu dengan kegiatan Imtag secara rutin  walaupun kita ini sekolah umum. Kita harus isi dengan kegiatan-kegiatan keagamaan seperti kegiatan hapalan Al-Qur'an pagi sebelum masuk kelas sehingga nantinya anak-anak lulus sekolah paling tidak sudah ada bekal di kemudian hari tentang hapalan Al-Qur'an walaupun masih di Juz Amma (Juz 30) sedikit tidak bisa mereka hapal," jelasnya.

"Alhamdulillah guru-guru di SMP Negeri 5 Alas, sudah lengkap. Saya yakin untuk mengangkat nilai-nilai seperti penguatan krakteristik, Literasi dan Numerasi di sekolah cukup bagus," tukasnya.

Pewarta: HR
Editor: R7 - 01