Alih Trase Brang Tereng Pada Ruas Jalan Batu Dulang-Tepal Mulai Dikerjakan, H. Mo: Terima Kasih Dukungan Masyarakat

Sumbawa - Reportase7.com

Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah bersama Kapolres Sumbawa, para Asisten, Kepala OPD terkait, Kasatker PJN II NTB, Camat Batu Lanteh, Kepala Desa Tepal beserta Kepala Dusun dan segenap masyarakat Desa tepal membuka acara dimulainya pekerjaan pembangunan Alih Trase Berang Tereng pada ruas jalan Batu Dulang - Tepal di lokasi berang tereng Desa Batu Dulang Kecamatan Batu Lanteh, Senin 5 Agustus 2024.

H. Mo sapaan akrab Bupati Sumbawa menyampaikan rasa syukur atas dimulainya proyek Trase Berang Tereng dengan harapan proyek tersebut dapat berjalan dengan lancar, didukung oleh seluruh masyarakat yang ada di Kecamatan Batu Lanteh khususnya masyarakat Batu Dulang dan Desa tepal.

Kondisi tanjakan berang tereng ini, lanjut Bupati, merupakan tanjakan yang sangat ekstrim dan selalu terjadi kecelakaan dikarenakan keadaan jalannya yang sangat terjal.

"Dahulu, tidak jarang masyarakat lebih memilih melewati wilayah orong telu untuk menuju ke kota Sumbawa walau jarak sangat jauh dikarenakan kondisi itu, mudah-mudahan dengan dikerjakan proyek ini perjalanan ke tepal akan lebih lancar," ujar H. Mo.

Asisten Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, H. Lalu Suharmaji, ST., MT. dalam laporannya menjelaskan, pelaksanaan kegiatan ini diharapkan tuntas dalam satu bulan karena pengerjaan konstruksi proyek sudah mulai dilakukan pada bulan september dan berlangsung selama 4 bulan sampai dengan desember 2024.


Jadi kita berusaha agar perubahan trase ini, lanjut suharmaji, nanti benar-benar mendapat dukungan dari seluruh masyarakat,  harapnya.

"Panjang ruas yang akan dibangun sepanjang 600 meter dengan lebar 50 meter, 50 meter terbagi 30 meter untuk akses jalannya dan 20 meter disiapkan untuk rest area, jadi masyarakat dapat menjual produk lokal di situ, seperti kopi dan buah-buahan," jelasnya.

Kemudian pelaksanaan kigiatan ini juga, sambungnya, inshaa Allah bisa menjadi kado ulang tahun Kabupaten Sumbawa pada tanggal 22 Januari 2025 nanti, ujar mamieq suharmaji.

Di tempat yang sama, Kasatker PJN II NTB., Viasmudji Iman. S. Biticaca, ST. MT, menjelaskan bahwa, pembangunan ruas jalan Batu Dulang - Tepal adalah suatu bentuk kolaborasi antara Balai Jalan Nasional dan Pemerintah Kabupaten Sumbawa.

Tanggungjawab kami lanjut Kasatker PJN II NTB, apa yang telah kami lakukan, telah berkoordinasi dan mensosialisasikan berikut mereview design, memang dari 2 kegiatan yang kita lakukan pokok permasalahannya berada di Berang Tereng ini.

"Apapun yang kita bangun di dalam kalau titik ini belum selesai maka sangat riskan baik dari segi ekonomi terlibih dari segi keamanan, karena tingkat kelandaiannya mencapai 58 %, sementara standar yang bisa di toleransi hanya sampai 20 % sehingga akibatnya sering terjadi kecelakaan, oleh karena itu menjadi fokus kita," pungkasnya.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01