AMANDA Sumbawa Menggesa Plangisasi Wilayah Adat

Sumbawa - Reportase7.com

Aliansi Masyarakat Adat Plangisasi wilayah Adat di komunitas-komunitas adat. Pada tahap awal telah menyelesaikan 8 Plangisasi wilayah adat dan pada tahap kedua ini juga telah menyelesaikan 8 plangisasi wilayah adat baik komunitas adat yang ada di Sumbawa maupun di di Kabupaten Sumbawa Barat.

"Kami fokus plangisasi wilayah adat ini sampai tiga tahap, untuk menandakan posisi wilayah adat," ungkap Aryansyah, ketua program Plangisasi AMAN Sumbawa. (06/08/2024)

Komunitas adat yang dilakukan Plangisasi tahap ini antara lain wilayah adat komunitas Tatar, Benete, Singa, Nangka Lanung, Pekasa, Talonang, Ponto Ai Padeng, dan Sesat Rhee.

"Kami berterima kasih, Plangisasi wilayah adat sudah terpasang di komunitas adat Ponto Ai Padeng. Sekarang, tugas kami tinggal menjaganya agar wilayah adat kami tidak dirampas orang,” ujar Datu Bojong Dwi di Komunitas  Ponto Ai Padeng.

Datu Bojong menambahkan program Plangisasi wilayah adat ini sangat membantu komunitas masyarakat Adat, terutama dalam menjaga keutuhan wilayah Adat.

"Wilayah adat yang masih belum Plangisasi ada sekitar 8 komunitas Adat yang akan dikerjakan pada tahap selanjutnya" imbuh Aryansyah.

Pewarta: Syaifullah
Editor: R7 - 01