Jurusan Perhotelan SMKN 4 Mataram Paling Diminati Calon Peserta Didik Baru

Mataram - Reportase7.com

Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMKN 4 Mataram berjalan baik dan Jurusan Akomodasi Perhotelan menjadi jurusan paling diminati calon peserta didik baru.

Ketua Panitia Pelaksana PPDB SMKN 4 Mataram, Made Karna Laksana, mengatakan sejak hari pertama pelaksanan PPDB di SMKN 4 Mataram, Jurusan Akomodasi Perhotelan (AP) menjadi Jurusan paling diminati calon peserta didik baru dan kuotanya terpenuhi dari kuota nasional.

"Untuk Perhotelan dan Tata Boga kuotanya sudah penuh dari awal pendaftaran. Ini Jurusan paling diminati oleh calon siswa dan ini fenomena sama seperti tahun-tahun sebelumnya," jelasnya, Rabu (31/07/2024).

Menurutnya, tahun ini SMKN 4 Mataram mendapatkan kuota 462 peserta didik baru dan hari pertama pelaksana PPDB, kuota sudah terpenuhi untuk jurusan Kecantikan dan Jurusan Busana dengan total siswa perkelas sebanyak 36 siswa.

"Sampai tanggal 30 Juli kemarin sudah 281 siswa yang mendaftar, untuk Perhotelan dan Kuliner masing-masing empat rombel ini penuhi kuota. Kemudian, untuk Jurusan Kecantikan dan Busana juga telah penuh masing-masing dua rombel dan terakhir untuk jurusan ULW terpenuhi sebanyak satu rombel," tambahnya.

SMKN 4 Mataram merupakan salah satu sekolah kejuruan dengan core pariwisata dan salah satu sekolah dengan Jurusan Perhotelan, Kuliner serta Kecantikan, Busana dan ULW sebagai jurusan andalan karena hanya ada di sekolah tersebut.

Namun menurutnya animo peserta didik baru lebih kepada jurusan Perhotelan dan Kuliner di setiap tahunnya. Sementara untuk kuota PPDB Tahun 2024 dibandingkan PPDB Tahun 2023, lebih meningkat di tahun ini dengan penambahan rombel di dua jurusan tersebut, jelasnya.

Kepala SMKN 4 Mataram Iwan Supriadi menuturkan PPDB 2024 tahun ini sangat melonjak di bandingkan PPDB 2023, minat siswa yang masih positif terhadap SMK juga semakin tinggi.

"SMKN 4 Mataram dirancang untuk mempersiapkan 1.000 siswa-siswi yang siap bersaing di bursa kerja. Terbukti, lulusan dari SMKN 4 Mataram hampir semua mendapatkan pekerjaan yang layak sesuai dengan jurusannya," ujarnya.

"Sekolah ini juga merupakan salah satu sekolah yang memberikan pembinaan life skill. Karenanya, selain mendapatkan bayak penghargaan, SMKN 4 Mataram juga telah banyak melakukan kontrak kerjasama, baik skala nasional maupun internasional," pungkasnya.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01