SMKN 4 Mataram Boyong Juara dalam Lomba Masakan Tradisional

Mataram - Reportase7.com

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 melalui Indonesian Chef Association (ICA) menggelar Lomba Masak Tradisional bertempat di Jayakarta Hotel, Selasa, 13 Agustus 2024.

Indonesian Chef Association (ICA) adalah organisasi non-profit bagi para profesional dan entrepreneur di bidang kuliner. Sebagain anggotanya adalah para insan kuliner lainnya serta para calon profesional kuliner yang masih dalam pendidikan, dan yang tidak kalah menarik adalah bergabungnya para penggemar kuliner didalam wadah tersendiri.

Lomba ini diikuti oleh siswa siswi SMA/SMK se Lombok Barat dan Mataram peserta lainnya juga ada Dharma Wanita. SMKN 4 Mataram salah satu peserta yang meraih Juara 1 dan Harapan 1 dalam lomba memasak.

Wakil Kepala Sekolah bidang Kehumasan Suardi saat ditemui mengatakan lomba ini di prakarsai oleh Provinsi yang bekerja sama dengan Jayakarta Hotel, dimana melibatkan Kabupaten dan Kota dengan tujuan umumnya itu ada dua jenis lomba, untuk kategori Dharmawanita itu temanya adalah Makanan Bergizi untuk Mencegah Stunting mengatasi stunting yang di difokuskan materinya itu pada balita dan pada ibu hamil, "kata Suardi.

Dharmawanita SMKN 4 Mataram meraih Juara 1 dan Harapan 1, untuk kategori pelajar SMKN 4 meraih Juara 1, 2,dan 3 serta Harapan 1 dan 2 yang diikuti oleh siswa Jurusan Kuliner dengan tim regu terdiri dari dua orang.

Suardi menjelaskan dalam lomba yang digelar ICA ini disebut juga dengan Wonten mental atau Fusen yaitu bagaimana mengkombinasikan makanan Indonesia dari teknik pengolahan sampai penyajiannya bernuansa Eropa tapi khas Indonesia jadi makanan yang modern.

SMKN 4 Mataram Boyong Juara dalam Lomba Masakan Tradisional

"Untuk mendapatkan pengakuan seperti itu, tidak bisa kita tampilkan secara klasik, pariwisata wisata kuliner tidak bisa berkembang. Jadi ditampilkan Modern Indonesia yang disebut dengan fusen dan itu diraih oleh SMKN 4 Mataram, " jelasnya.

Kepala SMKN 4 Mataram Iwan Supriadi membenarkan SMKN 4 Mataram berhasil meraih 3 juara dalam Lomba Masak Tradisional.

"Memang benar SMKN 4 Mataram beberapa hari yang lalu mengikuti Lomba Masak Tradisional yang di gelar Dikbud NTB melaluo ICA dan tidak menyangka Dharmawanita serta tim regu siswa SMKN 4 Mataram berhasil meraih juara 1 hingga Juara Harapan," jelas Iwan.

Aspek yang dinilai pada lomba masak ini adalah kebersihan, rasa, kesesuaian resep, tampilan, dan kreativitas para siswa Kuliner SMKN 4 Mataram sudah mempelajari beberapa aspek tersebut sehingga keluar sebagai juara.

Pewarta: Red/F
Editor: R7 - 01