FKUB NTB Sosialisasikan Program 3M

 MATARAM - REPORTASE 7
Forum Kerukunan Umat Beragama Nusa Tenggara Barat (FKUB NTB) menggelar sosialisasi program 3M (Moderasi, Mediasi, Mitigasi) dan pilkada damai pada Selasa 24 September 2024 di Mataram.

Ketua FKUB NTB Buya Subki Sasaki menyampaikan sosialisasi program 3M ini untuk memperkuat literasi tentang moderasi, mediasi, dan mitigasi dalam mengawal kondusifitas NTB di tahun politik dan kondusifitas daerah saat event MotoGP 2024.

Sosialisasi program 3M dan pilkada damai ini diikuti oleh ketua dan pengurus FKUB kabupaten/kota se pulau Lombok. Hadir 4 orang narasumber yakni dari Dir Binmas Polda NTB, Ketua KPU NTB, Kemenag NTB, dan dari Bakesbangpoldagri NTB.

"Kita sebelumnya telah roadshow ke seluruh FKUB yang ada di pulau Sumbawa, ini sosialisasi program FKUB Provinsi NTB yaitu 3M, hal ini sangat penting untuk kita menambah literasi, 4 narasumber dengan titik berat mengawal kondusifitas daerah, " ujarnya.

Dir Binmas Polda NTB, Dessy Ismail SIK menyambut baik program 3M yang digagas oleh FKUB NTB. Ia menilai program ini bagus untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat NTB dalam merawat kerukunan keberagaman di tahun politik dan kondusifitas saat event MotoGP 2024 .

"Ini sangat bagus, melalui pendekatan sosial bisa merekatkan masyarakat," kata Dir Binmas Polda NTB.

Ketua KPU NTB, M. Khuwailid, menilai peran FKUB NTB sangat besar dalam meningkatkan literasi kerukunan di masyarakat. Dengan kerukunan maka pilkada di NTB 2024 bisa berjalan aman lancar serta damai.

"Kita berharap Forum Kerukunan Umat Beragama ini berinteraksi menjalankan fungsi-fungsi strategis dalam meningkatkan literasi kesadaran masyarakat dalam membangun toleransi, dan FKUB bisa berperan membangun kesadaran politik di masyarakat,"  ucapnya.

Pewarta: Hadi
Editor: R7-02