Jelang Pilkada Serentak tahun 2024, Senkom MP Sumbawa Barat Gelar Rapat Kerja Jaga Kamtibmas Pilkada Aman dan Damai

Sumbawa Barat - Reportase7.com

Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi NTB menyelenggarakan rapat kerja dengan tema "Mewujudkan  Senkom Mitra Polri yang PRIMA (Profesional, Responsif, Inovatif, Modern dan Akuntabel)" serta jaga Kamtibmas di wilayah Pilkada Aman dan Damai. Bertempat di yayasan Bani Saba Taliwang pada sabtu 28 September 2024.

Ketua Senkom Mitra Polri Kabupaten Sumbawa Barat Abdul Rozak mengatakan, Senkom Mitra Polri berperan aktif dalam mendukung Harkamtibmas dengan melakukan berbagai kegiatan, di antaranya Deteksi dini potensi gangguan keamanan di masyarakat. Memberikan informasi dan laporan terkait situasi keamanan di lapangan. Mendukung pelaksanaan tugas-tugas Polri dalam berbagai momen penting.

"Senkom juga berperan aktif dalam menjadi penghubung antara masyarakat dan Kepolisian. Anggota Senkom sebagai penyambung informasi, baik terkait kebijakan harkamtibmas dari kepolisian maupun keluhan dan permasalahan keamanan yang dihadapi masyarakat," ujar Abdul Rozak.

Ia menerangkan bahwa, sebagai pengamanan swakarsa, Senkom Mitra Polri mendukung pelaksanaan tugas-tugas Polri dalam berbagai momen penting, seperti pemilihan umum, arus mudik dan balik serta peristiwa lain yang memerlukan pengawalan keamanan khusus.

Senkom juga dituntut memiliki integritas tinggi, menjadi teladan bagi masyarakat dalam hal sikap, perilaku, dan profesionalitas sebagai bagian dari kelompok yang lebih dahulu sadar akan pentingnya keamanan sebelum mengajak masyarakat untuk turut serta.

"Sosialisasi peraturan organisasi (PO) Senkom Mitra Polri ini merupakan hasil Diklat Harkamtibmas di Bali yang di selenggarakan oleh PP Senkom beberapa waktu lalu. PO terbaru ini perlu disampaikan kepada seluruh anggota agar senkom Mitra Polri lebih tertib dan disiplin dalam menjalankan tugas dan pengabdian kepada bangsa dan negara," tuturnya.

Lanjutnya, dalam moment Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada ) serentak tahun 2024, Senkom MP Kabupaten Sumbawa Barat mengikuti instruksi dari Pengurus Pusat (PP) Senkom Mitra Polri. Tetap jaga kondusifitas wilayah agar Pilkada Damai dan Aman.

"Senkom Mitra Polri dalam pengabdiannya mengedepankan 3 cluster, yakni Pertama Kamtibmas (Keamanan, Ketertiban, Masyarakat) dengan slogan “Menembus Jarak Tanpa Batas” Bekerjasama dengan Polri. Kedua, Bela Negara bekerjasama dengan TNI. Ketiga, Rescue dengan slogan Siaga Saat Aman, Ada Saat Dibutuhkan," tegasnya.

Pewarta: AJH
Editor: R7 - 01