Plangisasi Makam Tua Suku Berco Mendapat Teguran Dari Pihak PT AMNT

Sumbawa - Reportase7.com

Puluhan warga adat Cek Bocek Selesek Reen Sury Desa Lawin, Kecamatan Ropang, Kabupaten Sumbawa, atau sering dikenal dengan Suku Berco memasang plang tanda makam tua di 21 komplek wilayah yang tersebar di dalam wilayah adat.

Pemasangan plang ini sebagai tanda sekaligus rambu-rambu untuk pihak perusahaan yakni PT. AMNT yang saat ini sedang beroperasi di wilayah setempat. Lokasi tersebut merupakan warisan dari leluhur.  (22/09/2024)

Di mana makam leluhur tersebut memiliki nilai historis dan spiritual tinggi bagi masyarakat setempat. Masyarakat adat juga melestarikan tradisi "Jango Kubir", ritual ziarah ke makam leluhur yang dilakukan secara turun temurun. Sehingga perlu dilindungi secara bersama sama.

Pemasangan plang tanda makam ini mulai dilaksanakan sejak Sabtu, 14 September sampai 16 September 2024.

Dalam proses pemasangan plang ini mendapat teguran dari pihak management PT.AMNT bersama pasukan dari Polri. Perusahaan beranggapan bahwa makam tua masyarakat adat berada didalam konsesi IUPK perusahaan. Sehingga menggangu aktivitas perusahaan yang saat ini dalam fase eksplorasi. Suasana di lapangan sempat berlangsung proses dialog.

Penggawa adat Suku Berco, Samsul hidayat yang memimpin pemasangan plang menegaskan, upaya yang dilakukan ini sudah menjadi rutinitas masyarakat adat Cek Bocek Selesek Reen Sury setiap tahun.

Pertama membersihkan semua apa yang menjadi peninggalan leluhur. Kemudian tahap selanjutnya memberikan tanda supaya ada rambu rambu antara pihak perusahaan dengan apa yang menjadi hak masyarakat adat. Yakni peninggalan leluhur yang perlu diwarisi dan dilindungi secara bersama sama.

"Jadi apa salahnya kami memberikan tanda rambu rambu di situ. Oke kalau masalah konsesi segala macam Kami akui ada kontrak karya, ada diberikan izin oleh negara segala macam. Tapi ini kita bicara peninggalan yang masih ada sampai saat ini, nyata kita lihat. Jadi, apa salahnya kita memberikan tanda di situ," tegasnya.

Untuk diketahui, puluhan makam tua yang dilakukan pemasangan plang yakni  Dodo Aho 275 kubururan, Dodo Baha 681, Lebah Aho 84, Lebah Baha 1252, Selesek Aho 116, Selesek baha 155, Punti sang 61, Lang Lede 133, Remung Rope 45, Masjid Dodo 115, Dodo Umah Adat 266, Tana Bera 123, Semamu Aho 60, Semamu Baha 93, Panunggul Aho 16, Panunggul Baha 35, Suri Aho 60, Suri Baha 67, Uwe Klenang 18, dan Pasura Matanlo 95.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01