Sekda Sumbawa Gelar Lokakarya Penuyusunan Status Keanekaragaman Hayatu Ekoregional Bali - Nusra

Sumbawa - Reportase7.com

Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa membuka Lokakarya Penyusunan Status Keanekaragaman Hayati Ekoregion Bali - Nusra. kegiatan tersebut diikuti oleh Kementerian PPN/Bappenas, UNDP Indonesia, Forkopimda Kabupaten Sumbawa, Kepala BKSDA NTB, OPD terkait, Serta GIZ Climate and Biodiversity Hub Indonesia selaku pendukung kegiatan yang berlangsung di Seaside Hotel pada Rabu, 11 September 2024.

Direktur lingkungan Hidup Kementerian PPN/Bappenas, Priyanto Rohmattulloh, S.E., M.A., menyampaikan kegiatan ini penting bagi masyarakat Sumbawa yang mana ada banyak sekali potensi-potensi hayati di Kabupaten Sumbawa yang apabila dikelola dengan baik dapat memberikan manfaat dan bila di ekspoloitasi dapat memberikan dampak buruk.

Oleh karena itu, perlu adanya penjagaan dan pelestarian pada ekosistem yang ada di Kabupaten Sumbawa.

"Untuk dapat mencapainya, perlu adanya sinkronisasi dan kolaborasi pemerintah Daerah dan Pusat," jelasnya.

Senada dengan apa yang disampaikan Direktur Lingkungan Hidup Kementerian PPN/Bappenas, Sekda Kabupaten Sumbawa, Dr. Budi Prasetiyo, S. Sos., M. AP, menyampaikan bahwa, Kabupaten Sumbawa memiliki Keanekaragaman Hayati yang banyak baik di hutan-hutan yang ada di Kabupaten Sumbawa ataupun dengan adanya Whale Shark dan Kakatua Jambul Kuning.

"Maka kegiatan ini penting dengan harapan, dapat menyelesaikan permasalahan Keanekaragaman Hayati yang ada di Kabupaten Sumbawa. Serta dapat mengembangkan Keanekaragaman Hayati dan melestarikannya," ujar Sekda Sumbawa.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01