Deteksi Dini Kamtib, Ka KPLP dan Kasi Kamtib Rutin Lakukan Trolling

Lombok Barat – Reportase7.com

Sebagai upaya deteksi dini serta memastikan keamanan dan ketertiban, Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (Ka KPLP) Lapas Kelas IIA Lombok Barat, I Nyoman Agus Sukarma Antara didampingi Kepala Seksi Keamanan dan Ketertiban (Kasi Kamtib), M Pauzan dan jajaran melakukan kontrol keliling (trolling) bersama regu jaga di Blok Hunian (Selaparang) Lapas Lombok Barat, Kamis (10/10/2024).

“Kegiatan pengontrolan ini merupakan bagian dari komitmen Lapas Lobar dalam melakukan Tindakan preventif gangguan keamanan dan ketertiban sehingga pelaksanaan tiga kunci Pemasyarakatan Maju dan Deteksi Dini berjalan dengan baik,” ungkap Nyoman Agus.

Kontrol keliling yang dilakukan kata Nyoman, mencakup berbagai aspek, termasuk pemantauan setiap kamar, pengecekan kebersihan kamar, ventilasi kamar dan lampu kamar hunian, pemeriksaan papan sterk dan kunci gembok di kamar hunian, keberadaan petugas di pos, serta evaluasi terhadap alat keamanan yang tersedia.

Dirinya tidak menampik bahwa gangguan keamanan dan ketertiban di Lapas dapat terjadi kapan saja. Oleh sebab itu, sudah menjadi kewajiban untuk melakukan deteksi dini pengontrolan dan pengawasan secara rutin.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan kondisi Lapas Lombok Barat tetap dalam keadaan aman dan kondusif  serta terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan,” tambah Nyoman.

Kalapas Lombok Barat, M Fadli menegaskan bahwa kegiatan trolling ini tetap dilakukan secara berkala agar keamanan dan ketertiban warga binaan terjaga. “Kegiatan kontrol keliling ini adalah bentuk implementasi dari 3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju yakni Deteksi dini, dan tentu pelaksanaannya rutin dan terjadwal,” ungkap Fadli.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01