Tarian Ja'i Asal NTT Sambut Calon Bupati H. Amar Nurmansyah, Siap Menangkan Amar-Nani

Sumbawa Barat - Reportase7.com

Calon Bupati Sumbawa Barat, H. Amar Nurmansyah disambut tarian Ja’i  asli NTT saat melaksanakan kampanye di Desa Bukit Damai Kecamatan Maluk, Senin malam, 30 September 2024.

Pantauan media, ratusan warga dan para penari yang mengenakan pakaian khas NTT sudah berbaris rapi menanti kedatangan H. Amar sejak pukul 19.30 WITA.

Baru saja keluar dari pintu kendaraannya, hentakan musik rancak berirama riang gembira 'Manu  Keto Lo'  berpadu Tarian Ja'i menyambut kedatangan H. Amar hingga mengiringi langkahnya berjalan menuju tempat pelaksanaan kampanye.

"Pak Bupati hanya putar, putar, putar,” ucap salah seorang penari mengajak H. Amar menari sambil memperagakan gerakan tarian Ja’i.

Gerakan tari Ja'i dimulai dari para penari yang terpilih mulai berkumpul dan berbentuk barisan lurus memanjang. Kemudian seorang pemimpin, yang disebut Maza, akan mengumandangkan syair-syair berisi ajakan kepada seluruh masyarakat untuk turut serta berpartisipasi.

Kata sejumlah warga, tarian Ja'i adalah bentuk ungkapkan rasa syukur dan kegembiraan.

"Sambutan yang luar biasa. Malam ini Bukit Damai menyala. Coblos Nomor 1, AMAR - NANI," lantang Syamsuriadi Jibes dari pengeras suara yang dibalas dengan teriakan Coblos Jilbab Merah oleh pendukung dan simpatisan.

Willy, salah seorang warga mengungkapkan, dirinya merasa senang bisa bertemu dan berdekatan langsung dengan Cabup H. Amar Nurmansyah. Ia menilai H. AMAR begitu sederhana,  tidak semua calon pemimpin memiliki karakter dan kepribadian seperti itu.

“Senang, bahagia pak, luar biasa. Program-program yang ditawarkan pun sangat realistis. Tidak ada kata lain, Bukit Damai akan jadi kandang kemenangan AMAR - NANI di hari pencoblosan mendatang," ungkapnya.

Meski hanya sesaat bertatap muka dan berdialog, bagi Welly rasanya sangat berarti. Kedatangan H. Amar dalam rangkaian Kampanyenya akan menjadi sejarah baginya dan warga Bukit Damai khususnya.

"Ketika menang nanti, jangan pernah melupakan kami. Ada doa menyertai setiap perjuangan AMANAH," tukasnya.

Dalam kampanye di titik yang ke 11 ini, seperti biasa H. Amar menyampaikan Visi Misi dan sejumlah program unggulannya yang dituangkan dalam kartu KSB Maju, diantaranya Pendidikan dan Kesehatan.

Di program pendidikan Paket AMANAH menyediakan dana talangan masuk sekolah untuk  semua jenjang tingkatan pendidikan. Sementara untuk kesehatan, ada program gebrakan yang disediakan bagi masyarakat yakni pembiayaan untuk orang/anggota keluarga yang menjaga  keluarganya saat di rawat inap di rumah sakit.

H. Amar percaya, hampir semua warga masyarakat KSB sudah menjadi anggota BPJS. Akan tetapi menurutnya,  belum cukup membantu masyarakat. Karena yang sakit biayanya ditanggung BPJS sementara keluarga pasien yang menjadi pendamping tidak memiliki biaya selama melakukan pendampingan.

"Nah, anggota keluarga yang mendampingi ini akan kita berikan bantuan sebesar Rp. 1.500.000,'. Termasuk Talangan Biaya Ambulance Rujukan," bebernya,

"AMANAH juga nantinya akan menyiapkan TRC Ambulance dan Tenaga Kesehatan Berbasis Puskesmas yang menjemput langsung Penderita Sakit di tempat tinggal di masing-masing wilayah," tandas H. Amar.

Pewarta: AJH
Editor: R7 - 01